traffic histat

Aplikasi SPK metode SAW

0

Aplikasi SPK metode SAW – Teknologi hingga saat ini semakin meningkat dan berkembang. Perkembangan tersebut memiliki peran penting dalam membantu pemenuhan kebutuhan manusia. Untuk itu, banyak sekolah menengah kejuruan dan jenjang perkuliahan yang secara khusus membuat jurusan untuk perkembangan teknologi.

Dari sanalah kemudian muncul ide-ide kreatif dengan menggunakan teknologi hingga kebutuhan manusia bisa lebih dimudahkan. Salah satunya ialah aplikasi sistem pendukung keputusan (SPK) dengan berbasis SAW. Sekilas, tak banyak orang mengenal istilah metode tersebut. Hanya orang-orang tertentu saja yang tahu mengenai hal tersebut.

SAW memiliki kepanjangan yaitu “Simple Additive Weight” yang termasuk kedalam metode “Multiple Attribute Decision Making (MADM)”. Sistem atau aplikasi SPK berbasis SAW memiliki arti yaitu metode atau sistem penjumlahan yang terbobot. Pada dasarnya konsep metode SAW ialah bertugas melakukan pencarian penjumlahan yang terbobot.

Penjumlahan tersebut berasal dari rating kinerja untuk setiap alternatif didalam setiap atribut. Konsep tersebut dikemukakan oleh Fishburn pada tahun 1967 dan MacCrimmon di tahun 1968. Pada aplikasi tersebut tentunya memiliki proses dan sistematika kerja yang terstruktur. Setiap prosesnya perlu dilakukan sesuai tahapannya agar tujuan dan maksud Anda terselesaikan dengan baik.

Proses pengerjaan aplikasi SPK berbasis SAW dimulai dengan melakukan login terlebih dahulu. Pastikan Anda sudah memiliki akun yang terdiri dari nama akun dan juga password. Seperti pada contoh gambar di bawah ini. Terdapat nama akun yaitu “admin”. Kemudian adapula password yang harus diketikkan dan secar otomatis akan disamarkan.

Proses berikutnya ialah menentukan kriteria-kriteria dalam pemilihan setiap alternatifnya. Setelah berhasil login, berikutnya Anda harus memilih kriteria pada aplikasi. Jika sudah berhasil masuk, berikutnya pilih opsi kriteria. Pilih kriteria yang sesuai dengan yang Anda maksud.

Proses pada aplikasi SPK berbasis SAW berikutnya ialah menentukan nilai dan bobot. Nilai dan bobot dari data tersebut dilambangkan dengan huruf W. Nilai tersebut berasal dari masing-masing kriteria. Untuk kriteria dilambangkan dengan huruf K. Jika sudah selesai tentukan nilai normalisasi matriks.

Nilai normalisasi matriks dilambangkan dengan huruf X (Rij). Pelambangan tersebut bertujuan agar penyebutannya lebih praktis dan tidak terlalu panjang. Bila nilai normalisasi sudah selesai, berikutnya Anda harus menentukan nilai Perferensi atau Vi. Pastikan setiap prosesnya Anda lakukan secara bertahap dan berurutan.

Proses pada aplikasi SPK berbasis SAW perlu dilakukan dengan baik dan benar. Sebab, jika terlewat satu tahapan saja, maka tujuan Anda tidak akan berhasil. Setiap sistem dan aplikasi yang berbasis teknologi memiliki prinsip yang sama yaitu tahapan pIelaksanaannya harus benar. Sebab, masing-masing tahapan memiliki peran tersendiri pada aplikasi tersebut.

Berikutnya, jika Anda memerlukan data laporan tersebut secara tertulis maka Anda bisa mencetak atau print laporan tersebut. Pilih opsi print laporan. Kemudian custom atau sesuaikan dengan type dan kriteria kebutuhan cetakan laporan tersebut.

Hal yang paling penting dalam aplikasi ini ialah data beserta isinya. Pastikan pengisian data sudah benar. Penggunaan aplikasi ini contohnya pada pemilihan siswa untuk pemberian beasiswa berdasarkan nilai sehari-hari. Itu berarti data yang harus dimasukkan ialah data siswa, data kelas, data kriteria, pembobotan kriteria, data klasifikasi, dan sebagainya.

Secara garis besar aplikasi ini bertujuan untuk mencari yang terunggul dari sebuah data. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghitung atau mencari data satu persatu dan secara manual yang hanya akan menghabiskan waktu. Aplikasi SPK berbasis SAW ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif dalam membantu pekerjaan Anda. Selamat mencoba.
link download : bit.ly/3ey8R6F

Aplikasi SPK metode SAW
Aplikasi SPK metode SAW
Aplikasi SPK metode SAW
Aplikasi SPK metode SAW
Aplikasi SPK metode SAW
Aplikasi SPK metode SAW

Leave A Reply